Informasi tentang teknologi open source

Wednesday, November 26, 2014

5 Aplikasi Edukasi di Ubuntu

1 comment :
Seperti yang kita kitahui, komputer telah masuk pada hampir semua bidang pekerjaan. Pendidikan pun tak luput dari yang namanya komputer. Dengan komputer tentunya kegiatan belajar dapat semakin menyenangkan dan murah karena telah banyak aplikasi edukasi yang tersedia, terutama pada ubuntu. Kenapa Ubuntu? Ubuntu merupakan sistem operasi berbasis opensource yang bisa kita dapatkan secara bebas dan gratis, aplikasi yang tersedia pun sebagian besar gratis termasuk aplikasi edukasi.

Apa saja aplikasi edukasi pada komputer? Berikut ini 5 aplikasi edukasi pada Ubuntu

TuxMath - http://tux4kids.alioth.debian.org/tuxmath/
TuxMath adalah sebuah game yang dapat membantu belajar matematika. Tujuan utamanya adalah membuat pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan.
Tampilan TuxMath
GCompris - http://gcompris.net/index-en.html
GCompris adalah perangkat lunak pendidikan berkualitas tinggi yang terdiri dari berbagai macam kegiatan untuk anak usia 2 sampai 10.

Tampilan salah satu aktivitas pada GCompris
Kalzium - https://www.kde.org/applications/education/kalzium/
Kalzium adalah pengganti tabel periodik unsur kimia yang biasanya tercetak pada kertas. Aplikasi ini mem-visualisasi-kan Tabel Periodik Unsur Kimia serta mencakup informasi dasar tentang semua elemen umum di Tabel Periodik Unsur Kimia tersebut.
Tampilan Kalzium
TuxTyping - http://tux4kids.alioth.debian.org/tuxtype/index.php

TuxTyping adalah aplikasi untuk belajar mengetik yang diperuntukkan bagi anak-anak yang dibintangi Tux, penguin Linux. Game edukasi ini dilengkapi dengan dua pertandingan yang berbeda untuk berlatih mengetik. Dengan TuxTyping, belajar mengetik menjadi lebih menyenangkan.

Tampilan menu TuxTyping
KBruch - https://www.kde.org/applications/education/kbruch/
KBruch adalah program kecil untuk berlatih menghitung dengan pecahan dan persentase. Terdapat beberapa aktifitas yang berbeda yang disediakan untuk tujuan ini dan Anda dapat menggunakan mode belajar untuk berlatih dengan pecahan. Program ini memeriksa input pengguna dan memberikan umpan balik.

Tampilan KBruch
Tak hanya itu saja, sebenarnya masih banyak aplikasi edukasi yang ada dan sebagian besar bisa kita dapatkan dengan gratis. Selamat belajar dengan menyenangkan dan murah.

1 comment :

  1. Hi there! I know this is kind of off-topic however I had to ask. Does operating a well-established website like yours take a large amount of work? I'm brand new to operating a blog however I do write in my diary daily. I'd like to start a blog so I will be able to share my personal experience and thoughts online. Please let me know if you have any kind of suggestions or tips for new aspiring blog owners. Thankyou!

    ReplyDelete